Cara Menggabungkan Video TikTok (Stitch)

Kalian pasti sangat sering menggunakan aplikasi TikTok untuk melihat berbagai video unik dan juga lucu. Nah, menariknya lagi, banyak dari pengguna aplikasi TikTok seringkali menggabungkan video TikTok tanpa watermark menjadi sebuah kompilasi video. 

Sebagai pengguna, kalian pasti bertanya-tanya bagaimana caranya. Bisa dibilang cara menggabungkan video di TikTok sangatlah mudah, hanya dengan memanfaatkan satu fitur yang ada, kalian sudah bisa menggabungkan 2 video TikTok sekaligus.

Selain fitur menggabungkan video tersebut, kalian juga bisa menikmati beragam fitur lain seperti efek video transisi ataupun filter yang unik yang bisa menambah daya tarik konten video milik kalian. 

Keberagaman fitur yang dimiliki oleh TikTok ini menjadi alasan melonjaknya pengguna TikTok di Indonesia.

Kalian juga pasti sudah tahu, bahwa ada beragam konten video yang berasal dari platform lain. Tetapi, TikTok memiliki daya tarik yang unik, yang mana platform lain belum tentu bisa menyediakan. 

Salah satunya adalah durasi video, yakni hanya berkisar 30-60 detik saja. Perbedaan inilah yang menjadi alasan mengapa TikTok sangat digemari oleh kalangan muda.

Cara Menggabungkan Video TikTok Kolaboratif

Fitur ini dinamakan fitur stitch. Sebuah fitur yang digunakan untuk menggabungkan video TikTok pengguna satu dengan pengguna lain. 

Nah, tak terkecuali kalian. Dengan adanya fitur ini, kalian bisa memanfaatkannya untuk berbagai tujuan seperti duet, reaksi, ataupun video kolaboratif lainnya.

Namun banyak pengguna yang belum mengetahui cara untuk melakukan kolaborasi video tersebut. Untuk kalian yang belum mengetahui caranya, berikut adalah beberapa Langkah tahapannya.

Langkah #1: Buka Aplikasi TikTok

Kalian bisa membuka aplikasi TikTok yang kalian miliki. Kemudian kalian bisa memilih video mana yang ingin kalian gabungkan dengan video kalian. Buka video yang ingin kalian ajak kolaborasi. 

Langkah #2: Klik Tombol Bagikan

Kemudian di bagian jendela video ada opsi dimana kalian bisa memilih apa yang ingin kalian lakukan. Kalian bisa pilih tombol Bagikan atau Share di bagian kiri bawah.

Langkah #3: Set Up Layer

Setelah itu layer kalian akan menampilkan beberapa cara untuk membagikan video. Kalian bisa pilih Duet untuk melakukan kolaborasi. Kemudian TikTok akan secara otomatis menampilkan kotak menjadi dua. 

Langkah #4: Memulai Kolaborasi

Selanjutnya, Video yang akan kalian ajak kolaborasi akan berada di posisi kanan. Kalian bisa merekam video yang kalian mau sekreatif yang kalian inginkan

Ketika melakukan rekaman, video pengguna lainnya akan ikut berjalan. Kalian bisa menjadikan video tersebut sebagai referensi video duet kalian. 

Setelah selesai rekaman, kalian bisa menekan tombol post. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Namun dari sekian banyak fitur yang dimiliki TikTok, ada satu fitur yang sangat disayangkan bagi para pengguna. Yaitu fitur download video yang masih menampilkan watermark dari TikTok. 

Selain itu, ada juga beberapa video yang tidak bisa di download oleh pengguna. Sehingga beberapa pengguna masih merasa hal ini menjadi hal yang sangat mengganggu dan disayangkan.

Karena kekurangan fitur dalam melakukan download ini, pengguna merasa kesulitan dalam menggabungkan video TikTok yang diinginkan. 

Maka dari itu, watermark yang ada pada TikTok dianggap sedikit mengganggu dalam proses edit video.

Tetapi, untungnya dengan banyak kemajuan dari penggunanya, banyak aplikasi eksternal yang dapat membantu pengguna dalam menghadapi masalah serupa.

Itulah hal-hal seputar TikTok yang barangkali belum banyak orang mengetahuinya. Jika kalian memiliki informasi lain seputar TikTok, jangan ragu untuk berbagai kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini.